POTENSI WISATA AYEK MULAK YANG BISA DIKEMBANGKAN

Lokasi Olahraga Tubbing Seru

Kamis, 5-April-2018, 10:12


KEBAN AGUNG – Berpotensi dikembangkan inilah ungkapan yang pantas diberikan kepada salah satu sungai di kecamatan Mulak Sebingkai. Aliran sungai yang membelah desa Keban Agung ini memang sangat cocok untuk dijadikan salah satu wahana wisata air di kecamatan pemekaran ini.

Aliran air yang masih alami ditambah pasca dilakukan normalisasi oleh pihak pemerintah desa tentu sangat mendukung pengembangan wisata di Ibukota kecamatan baru dalam kabupaten Lahat.

Kepada pewarta, Mahidin, kepala desa Keban Agung menerangkan, proses normalisasi aliran sungai ini telah dilakukan beberapa waktu lalu. Jadi kalau pun Ayek Mulak akan dijadikan salah satu wahana wisata olahraga air yang populer dengan sebutan Tubbing atau dalam bahasa daerah berayutan bisa saja digarap.

“Kalau warga terutama generasi muda memang bukan hal baru lalu denga kegiata yang telah menjadi keharian warga kita, tetapi akan lebih baik kalau potensi itu bisa kita kembangkan untuk memberikan kontribusi bagi desa, kecamatan bahkan hingga keluar daerah.

Karena secara potensi Ayek Mulak sangat mendukung, tinggal kini kita mencarikan model pengembangan dan pengelolaannya secara baik. Derasnya air bisa memberikan gambaran bahwa sungai kebanggaan kita ini bisa memberikan manfaat lain bagi semua,” terangnya, Kamis (5/4).

Masih katanya, beberapa waktu lalu juga ide ini telah mengemukah dari karang taruna desa ini. Secara prinsip pihak pemerintah desa siap mendukung, hanya tentu semua itu butuh persiapan dan perencanaan yang matang.

“Harus diakui, pasca pemberitaan tentang aksi kreatif generasi muda kita beberapa waktu lalu, sorotan orang tentang daerah kita ini mulai ada. Yang paling gampang adalah Keban Agung kembali menjadi perbincangan orang.

Kami berharap dukungan dari semua agar rencaa ini bisa direalisaikan segera, dengan harapan kalau pun ini bisa jadi salah satu aset wisata, tentu akan memberikan manfaat bagi warga desa juga,” katanya.

Ditempat terpisah, Hary Suhendra salah satu pemuda desa ini menambahkan, mereka juga ingin desa ini kian dikenal orang dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Mengingat ada potensi wisata yang siap digarap secara profesional, terutama Ayek Mulak.

“Usai jembatan yang kita buat menarik, kini target kita adalah sungai yang ada dibawahnya. Mengapa daerah lain bisa menjadikannya aset yang memberikan manfaat,kok kita tidak.

Apalagi dengan kemajuan teknologi dan sosial media, publikasinya tentu saja sangat mudah dilakukan. Tinggal bagaimana kita menggarapnya, apa lagi saat ini kita juga telah banyak dibantu olah banyak pihak, mulai dari warga, pemdes hingga kawan-kawan media,” ungkapnya.

Ini baru untuk satu item saja, bila telah digarap dengan maksimal tentu akan banyak spot wisata lain di desa ini. Dengan potensi yanga ada (wisata), branding desa tentu bisa dilakukan, asal ada kemauan dari semua pihak. (Indi)

Arum Jeram Pakai Ban

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

TANJUNG SAKTI PUMI - Sabtu, 24-Agustus-2019 - 20:54

GRASSTRACK DI LUBUK TABUN SALURKAN BAKAT CROSSER

selengkapnya..

JARAI - Sabtu, 24-Agustus-2019 - 19:18

PRAMUKA SMPN 1 JARAI GIAT LATIHAN

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

KIKIM TIMUR - Sabtu, 24-Agustus-2019 - 16:59

PAUD DESA BUNGMAS TINGKATKAN SISTEM BELAJAR

selengkapnya..

LAHAT - Jumat, 23-Agustus-2019 - 18:30

Warga Lapas Lahat Rutin Mengaji

selengkapnya..

LAHAT - Jumat, 23-Agustus-2019 - 10:47

Pemkab Lahat Gelar Shalat Istisqa

selengkapnya..

LAHAT - Jumat, 23-Agustus-2019 - 08:32

SUBARDI : LANGKAH MENUJU PWI PEDULI

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - Kamis, 22-Agustus-2019 - 18:41

HARGA SELEDRI SEDANG BAGUS, PETANI SUMRINGAH

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater