ISI

KIKIM TIMUR PANEN PADI ORGANIK

14-Feb-2018, 23:42


MARGA MULYA – Hari ini 14/2/18 dilokasi sawah tadah hujan Desa Marga Mulya Kecamatan Kikim Timur berlangsung panen padi organik (padi yang dibudidayakan dengan cara dan sarana produksi non kimia alias organik).

Desa ini merupakan salah satu lokasi basis kegiatan SRI (Sistem Rice Intensification) yang dimulai empat tahun yang lalu. 

Program Sri merupakan program yang dikenal dengan pemakaian bibit muda yang sedikit dan sistem organik (pesemaian dinampan).  Sistem sri masih tetap  dipertahankan masyarakat desa ini dan tidak ketinggalan sistem organiknya.

Pada musim tanam tahun ini pun petani tetap menanam dengan sistem organik dengan tetap mempertahankan tanpa bahan kimia. Pada musim tanam tahun ini menggunakan varietas Inpari 37 dan sedikit varietas Mentik Susu (aromatik).

Adapun Sarana produksi yg digunakan  adalah pupuk organik cair,  kompos, pembenah tanah, POC, MOL, pestisida nabati (bila ada serangan opt), sumber air sawahnya tadah hujan, ditanam dengan sistem jarwo. Selama 8 musim tanam hal ini terus tetap bertahan dengan penambahan inovasi2 baru seperti alat pembersih gulma dan varietas yg digunakan serta variasi sistem jarwo (Jajar legowo). 

Hal ini menjukkan bahwa sistem pertanian organik berpeluang untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan. Walaupun  varietas inpari 37 yg digunakan merupakan benih turunan dari musim tanam sebelumnya tetap menujukkan keunggulannya dengan perolehan produksi 7,8 ton GKP yang lumayan tinggi.

Wardi salah satu anggota poktan serba usaha desa tersebut mengatakan bahwa kelebihan dari padi organik ini adalah terutama dari segi kesehatan, nasinya tidak cepat basi, dan nilai jualnya tinggi dipasaran sehingga menguntungkan petani.

Senada juga disampaikan oleh Pemerintah Desa setempat, bahwa dirinya sangat mendukung apabila para petani yang ingin menanam padi organik ini, yang penting pendapatan hasil panen warga bisa meningkat dan secara tidak langsung kesejahteraan petani akan semakin meningkat tuturnya

( HERNAN/LO )

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT