ISI

JEMBATAN ENDIKAT LAHAT PAGAR ALAM RUSAK PARAH

14-Feb-2018, 23:00


LAHAT, PAGAR ALAM – Hari ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol)  kab lahat meninjau langsung infra struktur aset nasional Jembatan Endikat yang berada di Jalur Lintas Sumatera (Jalan Negara Lahat – Pagar Alam) perbatasan Lahat Pagar Alam Provinsi Sumatra Selatan. Rabu (14/2).

Berdasarkan info yang didapat dari Hasil tinjauan awak media di lokasi, melaporkan bahwa kondisi jembatan indikat sudah rusak parah, Kerusakan tersebut berada di badan jembatan, sehingga rawan untuk dilewati, khususnya kendaraan besar.

Pada jembatan tersebut Terdapat lubang besar yang hanya ditutupi rangkaian balok kayu sebagai antisipasi terjadinya korban.

Amaludin salah satu warga desa mingkik Kota Pagar Alam saat di bincangi awak media mengatakan bahwa dirinya sangat prihatin melihat keadaan jerambah yang menghubungkan langsung antara kab lahat dengan kota pagar alam yang kini keadaannya sangat parah

Amaludin menjelaskan bahwa Kondisi ini sudah lama berlangsung, dan sampai hari ini belum ada perbaikan dari 2 pemerintah setempat dan provinsi.

“Saya berharap kepada pemerintah,  baik itu dari 2 kabupaten yang berbatasan maupun pemerintah provinsi untuk secepatnya melakukan perbaikan akses jerambah karna ini sangat membahayakan bagi pengendara yang akan melintas langsung.

Untung Warga berinisiatif menjaga dan memantau kerawanan yang mungkin terjadi baik itu kerawanan kecelakaan maupun kerewanan kriminal di lokasi”. Ucapnya.

Lebih lanjut, amaludin meminta Agar masalah ini segera di tindak lanjuti guna menghindari korban. Perlu diketahui ketinggian jembatan ini kurang lebih 100 meter yang dibawah jembatan berupa sungai berbatu terjal”. Ucapnya lagi.

Sementara itu Surya Desman (Kaban Kesbangpol Lahat) melalui kabidnyaAshari dan Suyono mengatakan bahwa masalah ini sudah disampaikan kepada Ramsi (Pj. Sekda Lahat), dan sudah bergerak bersama dengan pihak Polres lahat, Kodim 0405 lahat serta kepada kepada dinas terkait, untuk melakukan tindakan pengamanan seperti pemasangan plang himbauan kepada para pengguna jalan dan mengadakan Posko pemantau keamanan di lokasi”. Jelasnya.

 

Terpisah, Kapolres Lahat AKBP. Roby Karya Adi, SIK saat di mintai keterangan mengatakan bahwa dirinya sudah memberikan himbauan melalui anggota nya yang sudah tersebar baik itu tulisan di sepanjang jalan maupun di medsos dan dirinya pun sudah mengintruksikan anggotanya untuk siaga di jemabatan indikat.

“Dikarenakan Jembatan Endikat Rusak dan tidak bisa dilalui Kendaraan Bermuatan Berat, jadi untuk Sementara Dilarang Melintas Jembatan Endikat karena sangat berbahaya dan Bagi Warga Masyarakat Yang ingin melintasi Jembatan Endikat, kami menghimbau untuk berhati-hati dikarenakan Untuk sementara ini keadaan jembatan Rusak dan tidak bisa dilalui Mobil Bermuatan Berat”. Tegasnya.

Hal tersebut juga di tanggapi langsung oleh Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Lahat Bakrun Setia Darma yang mengatakan bahwa dirinya sangat menyayangkan kondisi Jemabatan yang sampai saat ini belum ada perbaikan dari pemerintah.

“Lokasi Kawasan Endikat merupakan kawasan yang rawan lakalantas. Selain itu, bila masalah tersebut tidak segera dicarikan solusi maka akan beresiko pada tingkat kriminalitas di daerah tersebut”. Pungkasnya. (ALI).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT