ISI

DLH LAHAT ROAD SHOW PERINGATAN HARI SAMPAH DAN HARI TBBS 2018

14-Feb-2018, 15:58


SUKOHARJO – Dalam Rangka Rangkaian Kegiatan Peringatan hari Sampah Tahun 2018 dan Tiga Bulan Bebas Sampah (TBBS), hari ini Dinas Lingkungan Kabupaten Lahat melakukan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi Bank Sampah dan Pembuatan Kompos di Desa Sukoharjo SP2 Kecamatan Kikim Timur. Rabu (14/2).

Turut Hadir, direktur bank sampah induk kabupaten lahat Bripka dodi permana SH. MM yang akan memberikan materi, Kades beserta kepengurusan dan karang Taruna desa Sukoharjo.

Berdasarkan Info didapat, menerangkan bahwa Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menumbuh kembangkan peran aktif masyarakat dalam pengurangan sampah rumah tangga di lingkungan masyarakat yang akan Menciptakan lingkungan desa bersih bebas dari sampah.

Pada sosialisasi ini yang pastinya bahwa Sampah yang dihasilkan akan dipilah di setiap rumah tangga dan dicatat dan disimpan karena secara tidak langsung bahwa sampah bisa dimanfaatkan untuk dijual dalam kurun waktu tertentu yang menjadikanya mempunyai nilai ekonomis yang nantinya akan dijual melalui Bank sampah.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat H. Ir. Misri. MT Melalui Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan PKLH H. Budi Utama. S. IP didampingi Kasi PKLH M. Khairul Hakim menyampaikan bahwa kegiatan Bank Sampah sebagai program nasional sesuai  Undang Undang Nomor 18  Tahun 2018 mengamanatkan pengelolaan sampah dengn prinsip 3 R . Masyakarat ditingkat kelurahan dan desa melakukan kegiatan pemilahan pengumpulan pengangkutan pengolahan pemrosesan sampah di lingkungan masyarakat.

“Jadi dengan adanya program kegiatan pengelolaan sampah ini,  maka kami yakin tingkat untuk kesadaran dalam kebersihan di suatu daerah akan terjaga sehingga menjadikan kab lahat menjadi kab yang bersih dan juga akan bermanfaat bagi masyarakat”. Ucapnya.

Adapun sambutan yang di sampaikan oleh Kepala Desa Sukoharjo SP 2 Kecamatan Kikim Timur Misba mengatakan bahwa di desa sukoharjo bersinergi dengan karang taruna telah membentuk Bank sampah dengan nama sumber rezeki dengan Sumber pendanaan awal berasal dari Bumdes desa sukoharjo untuk bank sampah sumber rezeki.

Menurut Kepala Desa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintahan desa terhadap lingkungan dengan membentuk bank sampah.

“Alhamdulillah apa yang di harapkan dari pemkab lahat sudah kami jalankan dan hasilnya cukup memuaskan untuk masyarakat kami.

Jadi dengan digalakkannya program ini maka saya yakin nantinya desa kami akan bersih”. Pungkasnya. (ALI).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT