ISI

ADA POTENSI WISATA RELIGI DI KABUPATEN LAHAT

14-Jan-2018, 11:12


LAHAT – Pariwisata merupakan suatu hal yang menjadi andalan beberapa daerah dalam mencapai Pendapatan Asli Daerahnya. Misalnya Bali, Banyuwangi, Jogyakarta, Malang, Pagaralam dan lain sebagainya.

Yanuar Anoseputra Tokoh Pemuda Kabupaten Lahat beberapa minggu lalu sempat mengadakan sebuah perjalanan liputan ke Desa Pagaruyung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat. Disana, ia bertemu seorang pemuda Desa dan mencari tahu mengenai rumah bahi yang ada di Desa tersebut.

Yanuar mengatakan, selain wisata alam, pariwisata juga bisa meliputi wisata agrowisata, eko wisata, atau juga bisa wisata religi. “Wisata religi ini misalnya ada di Kota Palembang. Disana ada Haul setahun sekali para ulama berkumpul. Kemudian ada juga wisata religinya dalam bentuk ziarah ke makam ulama terdahulu, ada peninggalan dari ulama ulama lampau. Peninggalan itu misalnya ada kitab karangan Syekh Abdus Shomad al Palimbani yang merupakan ulama asal Palembang merantau sejak kecil ke Haramayn yaitu kitab Hidayatus Shalikhin. Selain itu, banyak juga yang bisa diteliti dan dipelajari oleh kita seperti tarekat Sammaniyah di Masjid Agung Palembang yang sekarang masih ada, “jelas Yanuar.

Untuk Kabupaten Lahat, selain tentang napak tilas Raden Fatah di Desa Pagar Batu Kecamatan Pulau Pinang. Ternyata ada satu lagi potensinya. Yaitu tentang Mgs. H. Abdurrahman di Desa Pagaruyung Kecamatan Kota Agung.

” Saya kesana ketempat teman kuliah dulu. Kemudian bertanya tentang rumah bahi disana. Beliau menjelaskan bahwa ini adalah rumah bersejarah tentang Mgs. H. Abdurrahman seorang ulama terkenal masa lalu. Kabarnya, Mgs. H. Abdurrahman ini adalah salah satu guru dari Kiyai Marogan Palembang,” jelas Yanuar Anose aktivis KAMMI ini.

“Mgs. H. Abdurrahman ini menurut penuturan teman saya itu, memiliki garis keturunan Rasulullah SAW. Ia berasal dari keturunan Zainal Abidin. Zainal Abidin keturunan dari Sayyidina Hassan Ibn Ali Ibn Abi Thalib,” tambahnya lagi.

“Mgs. H. Abdurrahman memiliki anak bernama Tuan Sayyid H. Umar. Nah, sejarah tentang TS H. Umar inilah yang masih banyak diketahui. Sedangkan untuk Mgs. H. Abdurrahman sudah sulit untuk digali informasinya. Sampai sekarang masih ada keturunan beliau, dan mewarisi tinggal di rumah bahi ini. Beliau sekarang menjadi imam besar di masjid Desa Pagaruyung,”jelasnya lagi.

“Data ini belum lengkap, makanya bulan depan saya sudah dijadwalkan untuk bertemu dengan keturunannya yang sekarang untuk menggali informasi lebih dalam. Menurut informasi dari salah satu warga sini juga, banyak warga luar Kota Lahat yang datang kesini untuk berziarah. Makanya ini adalah hal menarik dan insya Allah akan kita kaji lebih dalam, “ungkap Yanuar Anoseputra alumni UIN Raden Fatah Palembang ini.

(Mirhan/MHD)

(iklan ini berbayar, Rp.1.000.000/bulan/2tampilan)

(iklan ini berbayar)

(iklan ini berbayar, Rp.1.500.000/bulan/4tampilan)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

  • KOTA AGUNG - 21-Jun-2018, 14:37

    HALAL BIHALAL PASCA CUTI LEBARAN

    KOTA AGUNG -Bertempat di aula kecamatan Kota Agung, Kamis (20/6), digelar acara halal bihalal Forum

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

BURSAH PARHAN BAGI TAKJIL

  • BURSAH PARHAN BAGI TAKJIL

LAGU LAHAT

  • LAGU LAHAT