ISI

MIGUANSYAH : PEMILU ADALAH HARI YANG BERHARGA, JANGAN GOLPUT!

13-Jan-2018, 22:18


LAHAT – Pemilihan Umum atau sering disingkat PEMILU merupakan serangkaian pesta demokrasi di Indonesia. Dalam pemilu masyarakat berhak memilih pilihannya masing masing sesuai kehendak hati nuraninya.

Saat pantauan kontributor Lahat Online,  Ketua Bawaslu kab.Lahat Andrean Sepsata,SE  melalui Div.Organisasi dan SDM Panwaslucam Kecamatan Merapi Selatan, Miguansyah,  S.Pd.I menuturkan di Indonesia setidaknya ada 171 daerah yang akan menyelenggarakan  PILKADA serentak 2018. 171 Daerah tersebut meliputi 17 provinsi, 39 Kota dan  115 Kabupaten yang kesemuanya itu harus kita jaga bersama.

“Kita awasi bersama dan yang terpenting jangan Golput,”cetus Miguansyah berharap.

Lebih lanjut pemuda yang terkenal dengan kritikannya tentang lingkungan ini menyebut pada pasal 308 UU Pemilu bisa menjadi amunisi untuk menjerat pelaku yang memaksa/mengajak seseorang atau kelompok untuk Golput (golongan putih).

“Pasal ini mengancam dengan pidana siapa pun yang dengan sengaja melakukan kekerasan dan/atau menghalangi seseorang untuk memilih, melakukan kegiatan yang menimbulkan gangguan ketertiban dan ketentraman pelaksanaan pemungutan suara atau menggagalkan pemungutan suara akan dipidana,”jelasnya lagi.

Menurut Miguansyah  pengawasan mereka di berbagai sumber saat ini sudah beredar Isyu diberbagai jejaring sosial bahwa ada oknum yang mengajak golput(red.). meskipun golput pada dasarnya adalah bentuk lain dari abstain.

“Abstain adalah mekanisme yang disediakan dalam setiap instrumen pengambilan keputusan dalam demokrasi,maka golput tak bisa dipidana,” beber Miguansyah yang juga merupakan kabid Advokasi dan Regulasi IGI Kab.Lahat ini.

“Namun kalau seseorang terbukti dengan tindakan baik melalui tulisan, ucapan mengajak untuk Golput maka bisa dipidana sebab ini bertentangan dengan UUD 1945 pasal 28 dan pasal 23 UU HAM dimana dalam UU ini menjamin hak tersebut dalam dokumen resmi PBB  tentang hak dan partisipasi dalam politik menyebut Negara pihak, termasuk Indonesia menjamin hak atas kebebasan berekpresi jadi kalau ada yang ngajak Golput atau ada larangan untuk golput maka itu yg disebut anti demokrasi dan anti rule of low,” pungkasnya.

(Aan LO)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

  • MERAPI BARAT - 18-Jan-2018, 13:27

    2018 PIP HARUS TEPAT SASARAN

    SUKA MARGA - Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat melakukan sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP).

  • LAHAT - 18-Jan-2018, 12:18

    ELZATTA LAHAT PROMO HINGGA 50%

    BANDAR AGUNG - Nah bagi pencinta fashion, khususnya fashion muslim, Elzatta adalah tempat yang cocok

  • MUARA PAYANG - 17-Jan-2018, 13:46

    AKSI CEPAT BAZNAS PEDULI MUSIBAH

    Muara Payang - Kemarin, selasa (16/01/2018) Baznas Kab.Lahat kembali memberikan bantuan kepada korba

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT