ISI

DANA DESA MEMBERIKAN RUANG BAGI PEREMPUAN

Memberdayakan Potensi Perempuan

7-Dec-2017, 13:11


TANJUNG BULAN – Pemanfaatan Dana Desa (DD) memang harus mengakomodir partisipasi semua elemen warga desa, tak terkecuali dengan perempuan.

Inilah yang menjadi perhatian khusus dari kepala desa Tanjung Bulan kecamatan Kota Agung, Hamidi mengungkapkan, pihaknya memang memberikan ruang lebih dalam keikutsertaan perempuan ketika pelaksanaan DD di desanya.

“Perempuan adalah warga kita juga, mereke punya porsi dalam ikut pembangunan di desa. Potensi mereka ini sangat besar, dalam aturan dan kebijakan pemerintah pun memastikan mereka (perempuan) ambil bagian.

Hanya kalau dalam kegiatan pembangunan fisik tak semua aitem pekerjaan dapat mereka lakukan, tinggal kita memilah mana yang bisa dikerjakan oleh perempuan,” ungkap Hamidi, Kamis (7/12).

Kemudiam Hamidi menguraikan, porsi lain yang bisa dilakukan oleh perempuan adalah dibidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi produktif dan yang lain.

“Jangan kita tinggalkan potensi perempuan ini, ada banyak ruang yang bisa diisi oleh kaum Hawa ini.

Tinggal bagaimana kita mengaturnya agar semua pihak dapat diberdayakan. Setiap tahun anggaran pun ketelibatan perempuan menjadi agenda penting bagi kami sebagai pemerintah desa yang diberamanah dalam pembangunan di desa,” urainya.

Senada, respon dan komentar dikatakan oleh Dody Sandjaya, warga desa ini adalah seorang penggiat pemberdyaan. Dia sangat mengapresiasi komitmen Pemdes Tanjungn Bulan.

“Sangat kurang bijak bila perempuan ditinggalkan dalam kegiatan pembangunan yang bersumber dari DD. Apa lagi kepala desa kita adalah orang yang sangat paham dengan aturan dan kebijakan berkaitan dengan pemberdayaan.

Patut diberikan jempol bila perempuan menjadi bagian tak terpisahkan dalam pembangunan di desa,” katanya.

Memberdayakan perempuan menjadi catatan penting dalam kegiatan Dana Desa di daerah ini. Hal ini juga sebagai bukti bahwa keteraan gender merupakan hal mutlak yang harus di perhatikan. (Indi)

(iklan ini berbayar, Rp.1.000.000/bulan/1tampilan)

(iklan ini berbayar)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

  • LAHAT - 12-Dec-2017, 17:47

    GLS EXPO 2017 RESMI DIBUKA

    LAHAT - Hari ini (12/12/2017) penyelenggaraan Gebyar Literasi Sekolah (GLS) Expo 2017 dari SMP Rujuk

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT