ISI

TENAGA AHLI PEMBERDAYAAN P3MD SENGAJA DATANG KE PELANCU

13-Sep-2017, 18:15


ULAK PANDAN – Sekali lagi terbukti bahwa Wisata Pelancu saat ini memang sedang Viral di Kabupaten Lahat. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kali pihak-pihak dari luar Kabupaten Lahat memantau Objek Wisata yang berlokasi di Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat ini.

Hari ini (13/09/2017), Bapak Handoko, seorang tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa Program Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Sumatera Selatan, terlihat berada di Pelancu. Dengan didampingi Pendamping Desa dan seluruh Pendamping Lokal Desa wilayah Kec. Merapi Barat, beliau meninjau lokasi wisata tersebut.

Saat dikonfirmasi Tim Lahat Online, Melalui Nopri–Pendamping Desa Kecamatan Merapi Barat–menjelaskan bahwa kehadiran Tenaga Ahli Pemberdayaan P3MD adalah untuk memantau dan membina serta bersilaturahmi Ke Kepala Desa Ulak Pandan dan Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Ulak Pandan. Hal ini tentu saja karena di Merapi Barat, Desa Ulak pandan adalah desa yang sudah ada BUMDesnya.

Selang beberapa jam kemudian, terlihat juga rombongan BPMDes Kabupaten Lahat yang juga berada di antara para tim ahli tersebut. Dalam pantauan Lahat Online mereka adalah Ibu Bidaria, Pak Hendri,  Pak Darmin berserta rombongan yang turut meninjau dan menikmati Wahana Edukasi dan Wisata yang masih dalam proses pengerjaan ini.

Evan Yusup selaku Ketua BUMDes Kedaton Desa Ulak Pandan, turut menjelaskan bahwa, Bumdes Ulak Pandan yang dibentuk sejak tahun 2015 adalah salah satu Bumdes di Kabupaten Lahat yang secara adminitrasi sudah ditembuskan sampai ke BMPD Provinsi .

“Jadi rombongan ke sini memastikan baik adminitrasi dan keberadaan bumdes di desa ulak pandan benar adanya. Selain itu, jadi catatan mereka juga bahwa selama berdirinya Bumdes untuk pendanaan belum memakai dana desa tetapi mandiri dari donatur yang kerjasama investasi ke bumdes,” ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Desa Ulak Pandan, Susiawan Rama melalui Kasi Pembangunan, Rian Alfarizi, menjelaskan, “dahulunya kami berharap agar pendirian Bumdes mendidik sumber daya manusia yang tepat guna. Kalau mereka sudah mampu baru nanti kita alokasi kan dana desa untuk permodalan tambahan bagi Bumdes. Rupanya tantangan itu dijawab oleh Pengurus Bumdes dan Karang Taruna dengan Inovasi pembangunan wisata Pelancu yang mana dahulunya lokasi ini adalah belukar dan tempat pembuangan sampah warga. Kini telah berubah menjadi suatu yang bermanfaat bagi masyarakat desa khususnya dalam menumbuhkan perekonimian masyarakat desa Ulak pandan ini sendirinya,”.

Diakhiri kunjungan, para tenaga ahli P3MD, BPMDes Kab. Lahat, dan Perangkat Desa Ulak Pandan menutup perjimpaan dengan makan siang bersama di Balai Kedaton di salah satu tempat di Pelancu. (Aan LO)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

  • LAHAT - 16-Oct-2017, 21:27

    DPC PKB LAHAT DAFTAR KE KPUD

    LAHAT - Tepat pada pukul 20.00 WIB ketua DPC PKB Kabupaten Lahat diiringi oleh sekretaris, anggota D

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT

LAGU LAHAT

  • LAGU LAHAT