ISI

MASYAALLAH.. 14 ANAK INI OPERASIKAN EXCAVATOR MILIK PT. UMM

TAUD SAQU BANI SHOLIH OUTING CLASS KE TAMBANG BATU BARA

7-Sep-2017, 18:14


TANJUNG BARU – Masa anak-anak adalah masa yang paling cepat untuk menerima dan merekam segala sesuatu yang kelak dapat berpengaruh terhadap pembentukkan karakter dan pola pikirnya. Ketika anak terus tumbuh dan berkembang koneksi sel otak semakin diperkuat atau diperoleh dengan sering dipergunakan atau tidak, dengan demikian kehidupan sehari-hari anak dan lingkungan sekitar dapat membentuk kepribadiannya.

Sepeti Taud (Tahfidz anak usia dini) Saqu Bani Sholih Lahat misalnya tak hanya melakukan proses kegiatan belajar mengajar dalam ruang kelas saja. Hal tersebut dibuktikan dengan diadakannya outing class atau pembelajaran di luar kelas sebagai salah satu wahana pembelajaran pada anak. Mengusung tema transfortasi darat, sebanyak 14 siswa mengikuti outing class menuju salah satu tambang batu bara bertempat di kawasan Desa Tanjung Baru Kecamatan Merapi Barat dengan menggunakan kendaraan umum, Kamis (7/9/17) pagi tadi.

Pembelajaran semacam itu baru pertamakalinya dilakukan oleh Taud Saqu Bani Sholih Lahat untuk melatih kemandirian, keberanian dan wawasan tentang lingkungan. Termasuk salah satunya adalah berbagai macam alat transportasi darat.

Disepanjang waktu berada di Tambang Batu Bara yang di kelolah oleh PT. Usaha Muda Mandiri (UMM), guru pendamping dan di bantu pihak Perusahaan menerangkan setiap jenis dan fungsinya alat transportasi yang ditemui seperti, bus, doser, mobil tanki air, excavator dan sebagainya.

Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan anak agar mereka mampu beradaptasi dengan dunia di luar sekolah. “Pembelajaran tidak hanya berkutat seputar sekolah saja, namun bisa didapat dari pembelajaran di luar (outing class). Apalagi sub tema pada kegiatan kali ini ‘tranfortasi darat’ makanya kami sengaja mengajak mereka keluar kelas dengan menggunakan mobil bus. Bahkan kami menjelaskan kendaraan umum apa saja yang ada di tambang batu bara,” kata Umu Hasan salah satu guru pembimbing Taud Saqu Bani Sholih Lahat, pada Lahat Online Kamis (7/9/17).

Umu Hasan melanjutkan, selain itu di setiap hari jumat anak-anak Taud Saqu Bani Sholih Lahat outing class berkebun, anak belajar bercocok tanam dimulai dari menyiapakan media tanam, benih, dan belajar proses tumbuh kembang tanaman dan cara merawat tanaman.

“Tetapi walaupun anak-anak outing class, anak-anak tetap diperdengerkan ayat-ayat suci Al Qur’an. Bisa melalui speaker box, earphone dan murojaah (mengulang hafalan). Taud Saqu Bani Sholih Lahat beralamat di Jln Nusa indah No. 136 Rt 04 Rw 02 Perumnas 3 Kel. Bandar Jaya, Lahat Sumsel,” tukas Umu Hasan.

Meski kegiatan tersebut terkesan sederhana namun feedback yang dihasilkan cukup besar. Pasalnya, pada kesempatan itu setiap anak bisa melihat secara nyata. (Mirhan)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

  • LAHAT - 16-Oct-2017, 21:27

    DPC PKB LAHAT DAFTAR KE KPUD

    LAHAT - Tepat pada pukul 20.00 WIB ketua DPC PKB Kabupaten Lahat diiringi oleh sekretaris, anggota D

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT

LAGU LAHAT

  • LAGU LAHAT