ISI

NAMPAH, TRADISI LEBARAN BERSAMA

Melestarikan Peninggalan Leluhur

1-Sep-2017, 13:30


TANJUNG RAMAN – Ada banyak tradisi yang menjadi khasan suatu daerah, sering kali pelaksanaannya dilakukan pada momen-momen tertentu.

Menjadi sebuah rutinitas tentu membuah tradisi ini kian menjadi warna kehidupam warga desa yang bersahaja. Di Tanjung Raman, ‘Nampah’ sebuah tadisi dihari lebaran masih lestari.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha, acara dilakukan dengan Nampah. Warga secara bersama membawa Tampah (wadah sejenis piring besar) atau rantang yang berisi aneka panganan atau lauk pauk yang memang disiapkan di hari lebaran.

Di masjid, Tampah dikumpulkan dan acara lebaran bersama di mulai. Diawali dengan sambuatan dari tetua desa kemudian diteruskan dengan penyampaian dan pesan dari pihak pemerintah desa.

Tak jarang momen Nampah ini dijadikan ajang rebuk dan musayawarah membahas sejumlah permasalahan desa. Yang palinh pokok adalah ajang silaturahmi warga desa secara keseluruhan.

“Acara seperti ini adalah tradisi lama yang merupakan turunan dari zaman dahulu, disana juga menjadi media temu kangen bagi warga desa yang pulang dari rantauan.

Untuk warga yang berdiam di desa bisa menjadi tempat berkengkerama mengingat dalam keseharian mereka sibuk dengan rutinitas harian masing-masing,” ujar Simat salah satu warga setempat, Jum’at (1/9).

Tradisi ini memang bukan hanya menjadi bagian dari desa ini, bahkan telah merupakan kebiasaan umum warga kabupaten Lahat.

Kelestariannya memang harus terus dijaga, agar nilai budaya dan tradisi tetap menjadi jati diri daerah ini.

“Karena kalau dulu rantang itu belum banyak, jadi tetuah kita menggunakan Tampah sebagai media membawa makanan ke masjid.

Kami berharap generasi muda mau terus menjaganya, karena bukan acaranya yang menjadi kebanggaan tetapi nilai yang terkandung didalam tradisi itu,” tambah salah warga yang enggan disebutkam namanya. (Indi)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT