ISI

BURSAH ZARNUBI RANCANG BANGUN PABRIK KOPI DI BESEMAH

TINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT & ATASI PENGANGGURAN

19-Aug-2017, 23:55


TERTAP – Kabupaten Lahat sudah terkenal sebagai penghasil komoditas kopi, Khususnya Kecamatan Jarai, Muara Payang, Pajar Bulan, Suka Merindu, Gumay Ulu, Kota Agung, Tanjung Sakti Pumu dan Pumi, atau tanah besemah mentumbang 6 Persen Pasokan Kopi Nasional.

Tetapi sayang saat ini Petani masih mengeluhkan harga jual komoditas kopi masih jauh dari harapan belum mampu mensejahterakan Petani.

“Ame rege kawe makni belum sesuai nga nek diharapkan, masih sekendak tokeh kawe tula, ujar Jaya Wisnu mewakili Jarai saat Menyampaikan keluhannya kepada Bakal Calon Bupati Lahat Bursah Zarnubi SE di acara silaturahmi di Desa Tertap Kecamatan Jarai.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut Bursah Zarnubi SE mengatakan yang membuat harga masih rendah, karena di Kabupaten Lahat khususnya di tanah besemah ini belum ada pabrik pengolah kopi.

“Karena disini belum ada pabrik pengolahan kopi, petani menjual ke tokeh-tokeh kawe, kemudian tokeh tersebut mengirim kembali kawe tersebut ke Lampung yang sudah ada pabrik pengolahan kopi, sehingga rantai penjualan panjang yang membuat harga jual ditingkat Petani rendah,” ungkapnya.

Kehadiran pabrik pengolahan kopi mentah menjadi kopi olahan bagi masyarakat kabupaten Lahat khususnya di Tanah Besemah merupakan sebuah solusi untuk meningkat nilai jual kopi.

“Kedepan saya akan giring parah investor untuk membangunan pabrik pengolahan kopi, baik itu kapal api, tora bika, luwak white kopi untuk membangun Pabrik kopi di Lahat khusus ditanah besemah, entah dimana lokasi strategis akan kita pikirkan nanti, kalau petani menjual langsung ke pabrik tersebut otomatis harga kopi akan terdongkrak naik,” terangnya.

Kemudian dengan adanya pabrik pengolahan tersebut otomatis akan menyerap tenaga kerja cukup banyak sehingga pemuda pemuda dapat diberdayakan, tidak harus merantau ke jakarta untuk mencari kerja, jelasnya.

Selanjutnya jika petani sejahtera akan meningkat daya beli masyarakat, sehingga para pedagang yang ada dipasar atau kota lahat akan lebih diuntungkan.

Hal tersebut sesuai dengan konsep menata kota 
Membangun desa yang akan diterapkan di Kabupaten apabila di beri amanah oleh masyarakat Lahat, untuk melaksanakannya, tukasnya. (AND)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

  • HOTEL / PENGINAPAN / KOST 17-Jun-2018, 08:30

    BSD KOST “KHUSUS KARYAWAN”

    PENGHIJAUAN - BSD KOST, terletak di jalan Sofyan Kasim (jln Penghijauan II) no 850

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

BURSAH PARHAN BAGI TAKJIL

  • BURSAH PARHAN BAGI TAKJIL

LAGU LAHAT

  • LAGU LAHAT