ISI

CERITA PERJALANAN MENUJU SDN 12 KIKIM BARAT

24-Jul-2017, 12:18


SINGAPUR – Lokasinya yang berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan dari Desa Singapura, Kec. Kikim Barat membuat medan yang ditempuh untuk mencapai SDN 12 Kikim Barat bertempat di daerah trans migrasi SP 4 Mekar Jaya, Senin (24/7/17).

Guru – guru yang hendak berangkat mendidik di SD ini butuh kesabaran dan tenaga yang ekstra. Kenapa? Sebab harus melalui medan yang berat.

BACA JUGA : http://lahatonline.com/38014-bsd-kost-khusus-karyawan.html

Jangan berpikir dengan menggunakan motor jalan kaki saja sulit untuk di lalui jika musim hujan. Justeru sebaliknya, karena lebih baik memilih jalan kaki.

Jalan kaki berkilo-kilo dengan kondisi jalan rusak dan berlumpur. Itu jika cuaca masih bersahabat, tapi jika hujan, trek akan semakin berat akibat jalanan becek guru relah melintasi pohon yang tumbang sebagai jembatan.

Seperti yang dialami Yulianti. Guru honorer itu terpaksa berjalan kaki meski jarak rumah dan sekolah sangat jauh. Apalagi mengingat harus melewati akses yang sangat berat ia tetap bersemangat.

“Inilah yang dirasakan siswa dan guru yang sekolah di kelas jauh SDN 12 Kikim Barat yang terdapat di daerah trans migrasi SP 4 mekar jaya Desa Singapur, Kecamatan Kikim Barat. Untuk menjangkau ke tempat saya ngajar dari rumah mencapai 2 jam’an. Tapi alhamdullilah anak – anak tetap semangat dan kami sebagai pendidik juga demikian,” tutur Yulianti.

Kondisi SDN 12 Kikim Barat ini memiliki 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, bayangkan berapa jumlah siswa dalam satu lokalnya ada bebrapa kelas di di sisi dengan sisws 3 orang.

Di SDN 12 Kikim Barat ini ada satu kelas cuma di isi 3 orang siswa yakni kelas IV, di tahun ajaran baru 2017/2018 siswa kelas I sebanyak 6 orang dan SD yang dipimpin Bapak Sugiman ini memiliki 8 orang guru yang terdiri dari 3 orang PNS.

“Kalau saay guru standby, hanya 2 hari masuk. Yah itulah sedikit gambaran tentang akses jalan ke kelas jauh SDN 12 Kikim Barat di pedalaman tersebut lampu pun tidak ada,” terang guru itu. (Mirhan)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT